Curug Tonjong, Surga Tersembunyi di Kabupaten Brebes

Kab. Brebes — Bagi Anda yang mendengar kata Brebes pasti akan teringat oleh makanan khasnya yaitu Telur Asin. Namun, tahukah Anda bahwa Brebes memiliki berbagai destinasi wisata yang cukup menjanjikan, salah satunya yaitu Curug Tonjong. Curug tersebut terletak di Desa Sindangheula, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes.

Curug Tonjong sangatlah cocok bagi Anda yang suka bersua foto dikarenakan tempat ini sangatlah instagramable. Curug ini menawarkan keindahan alamnya berupa air terjun yang dihiasi dengan bebatuan yang besar. Disana Anda akan menemukan betapa jernihnya air yang mengalir dan dikelilingi oleh pepohonan yang menambah kesejukan Curug Tonjong.

Tempat wisata ini belum terlalu terjamah oleh public, dikarenakan medan yang perlu dilalui untuk mencapai Curug Tonjong cukup susah karena infrastruktur jalan yang belum terlalu bagus. Untuk mencapai Curug Tonjong, Anda dapat menggunakan mobil ataupun sepeda motor.

Namun, jika menggunakan mobil maka Anda harus memarkirkannya cukup jauh dari curug, sehingga Anda perlu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. “Walaupun medan yang cukup sulit itu akan terbayarkan ketika pengunjung melihat keindahan tonjong” Ujar Rizky salah satu pengunjung obyek wisata tonjong.

Sebenarnya terdapat keuntungan pula jika Anda berjalan kaki untuk mencapai curug tersebut, karena mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan sekeliling Desa Sindangheula yang sangat menakjubkan.

Curug Tonjong belum terlalu ramai pengunjung karena tempat wisata ini belum dikelola dengan baik, sehingga wisatawan belum dapat menikmati keindahan curug secara maksimal.

Padahal jika Curug tersebut dikelola dengan baik, maka dijamin curug tersebut akan menjadi potensi desa yang  sekaligus dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Curug ini sangat berpotensi untuk olahraga panjat tebing dan arum jeram yang sangat cocok untuk para pecinta alam.

Belum ramainya pengunjung membuat suasana Air Terjun Tonjong menjadi sangat nyaman bagi Anda yang ingin merileksasikan pikiran dan kepenatan. Dengan hanya duduk di atas batu lebar sambil mendengarkan deru air terjun rasanya begitu tenang dan santai.

Panorama air terjun utama begitu mengagumkan. Aliran yang deras tampak bagaikan tirai putih raksasa. Pemandangan sekitar yang berada di sebuah curug besar juga tak kalah mempesona. Jika musim hujan, tampak pula air terjun kecil yang menghiasi pandangan.

Untuk memasuki Curug Tonjong, Anda tidak perlu membayarsepeser pun, saat ini Air Terjun Tonjong masih gratis. Dengan potensi alam yang cukup menjanjikan, pemerintah desa mulai menyoroti Curug Tonjong agar dapat dikelola dengan baik dengan cara mencari investor maupun mengusulkannya ke pihak pemerintah pusat.

“Dengan pengelolaan yang tepat Kami berharap  Curug Tonjong dapat menjadi wisata unggulan di Kabupaten Brebes” Ujar Bapak D.Daddy Suparman Kepela Desa Sindangheula

“Dan kami mengharapkan meningkatnya wisatawan yang datang kemari, tentunya akan membuka peluang usaha masyarakat disekitaran Curug Tonjong khusunya desa Sindangheula yaitu dengan menjual produk makanan khas Sindangheula sebagai makanan oleh-oleh” Lanjutnya.

Dengan demikian diharapkan, Wisata Curug Tonjong ini diharapkan dapat segera mendapat perhatian pemerintah atau investor agar segera dapat dijadikan salah satu ikon wisata di Kota Brebes.

sumber : kompasiana.com

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Tinggalkan Komentar

Post Terkait

Mengenal Kecamatan Tonjong

Tonjong adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan ini terletak 70 Kilometer arah selatan ibu kota Kabupaten Brebes. Pusat pemerintahan berada di